Kampanye
sebagai serangkaian kegiatan komunikasi
yang terorganiasi dengan tujuan untuk menciptakan dampak tertentu terhadap
sebagian besar khalayak sasaran secara berkelanjutan dalam periode waktu tertentu
( Rogers dan Storey (1987). Jadi kampanye merupakan salah satu
komunikasi jadi terdapat 6 unsur yang harus dipenuhi sebagai berikut :
1. Komunikator
(source).
2. Pesan
(message).
3. Media/saluran
(channel)
4. Komunikan
(receiver)
5. Umpan
Balik ( Feedback )
6. Dampak
(effect)
Pengertian :
1. Komunikator
(source)
Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai
pengirim pesan dalam proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan
seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam
sebuah hubungan. Komunikator tidak hanya berperan sebagai pengirim pesan saja,
namun juga memberikan respons dan menjawab pertanyaan yang disampaikan sebagai
dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun
tidak langsung.
2. Pesan
(message).
Pesan merupakan keseluruhan apa yang disampaikan
oleh komunikator. Pesan dapat berupa kata-kata, tulisan, gambaran atau
perantara lain. Pesan ini memiliki inti, yakni mengarah pada usaha untuk
mengubah sikap dan tingkah laku komunikan. Inti pesan akan selalu mengarah pada
tujuan akhir komunikasi itu.
3. Media/saluran
(channel)
Sarana komunikasi/channel biasa disebut dengan media
yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam proses komunikasi. Pemilihan
sarana/media dalam proses komunikasi tergantung pada sifat berita yang akan
disampaikan.
4. Komunikan
(receiver)
Komunikan merupakan penerima pesan atau berita yang
disampaikan oleh komunikator. Komunikan bisa terdiri satu orang atau lebih,
bisa dalam bentuk kelompok. Dalam proses komunikasi, komunikan adalah elemen
penting karena dialah yang menjadi sasaran komunikasi dan bertanggung jawab
untuk dapat mengerti pesan yang disampaikan dengan baik.
5. Umpan balik
(feedback)
Umpan balik dapat dimaknai sebagai jawaban komunikan
atas pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya. Pada komunikasi yang
dinamis, komunikator dan komunikan terus menerus bertukar peran.
6. Dampak
(effect)
Dampak merupakan efek perbedaan yang dialami oleh
komunikan sebelum dan sesudah menerima pesan. Bila sikap dan tingkah laku
komunikan berubah sesuai dengan isi pesan maka komunikasi telah berjalan dengan
baik. Dampak/efek sesungguhnya dapat dilihat dari opini individu, opinipublik
maupun opini secara luas. Namun semuanya mengarah kepada perubahan yang terjadi
pada komunikan setelah menerima pesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar