Lokasi Geografis

109°17'30" - 109°40'30" BT dan 6°52'30" - 7°20'11" LS

Minggu, 19 Februari 2017

EVALUASI KAMPANYE RITA PARK



1.    Evaluasi Kampanye
Evaluasi mengukur perkembangan yang dicapai dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan dalam kampanye dan/atau sasaran untuk program yang lebih besar. Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau Organisasi Kesehatan Dunia menyoroti evaluasi sebagai proses yang sangat penting dalam pengendalian tembakau secara efektif dan menyeluruh.
Ingatlah, untuk memiliki ukuran dampak kampanye, Anda memerlukan pra-ukuran atau tolok ukur sebagai pembanding bagi pasca-pengukuran. Karena itu, penting halnya bahwa evaluasi menjadi salah satu hal pertama yang direncanakan.
Evaluasi yang dilakukan secara cermat akan memberikan banyak informasi berkenaan dengan kelebihan dan kekurangan pelaksanaan kampanye yang pada gilirannya dapat digunakan sebagai rekomendasi bagi penyelenggaraan kampanye berikutnya.

2.    Mengapa Melakukan Evaluasi kampanye
Gregory (2000) pakar kampanye Inggris mengemukakan lima alasan penting mengapa evaluasi perlu dilaksanakan.
1.      Evaluasi dapat memfokuskan usaha yang dilakukan. Jika  tahu bahwa Anda akan dinilai berdasarkan kriteria tertentu, maka  akan lebih memfokuskan usaha pada hal-hal yang menjadi prioritas pencapaian tujuan.
2.      Evaluasi menunjukkan keefektifan pelaksanaan kampanye dalam merancang dan mengimplementasikan  programnya. Bila dalam suatu program kampanye Anda berhasil menunjukkan keefektifan kerja, maka itu akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pelaksana kampanye.
3.      Memastikan  efisiensi biaya. Kampanye selalu melibatkan biaya besar, dan penyelenggara kampanye tidak ingin dana dan berbagai sumber daya lain terbuang sia-sia. Mereka selalu menghendaki adanya pencapaian tujuan yang berarti sebagai ganti biaya yang dikeluarkan. Jadi setiap rupiah yang dikeluarkan sudah jelas peruntukkannya.
4.      Evaluasi membantu pelaksana untuk menetapkan tujuan secara realistis, jelas dan terarah. Di sini berbagai relevan akan dengan cepat diidentifikasi dan langsung disingkirkan.
5.      Evaluasi membantu akuntabilitas (pertanggungjawaban) pelaksana kampanye. Dalam hal ini pelaksana kampanye dapat mempertanggungjawabkan segala kebijakan, tindakan bahkan rancangan kampanye yang telah dibuat sebelumnya.

3. Evaluasi Kampanye Keselamatan Jalan di Rita Park
a.       Kekurangan
·         Kurangnya koordinasi saat acara jadi ketika acara berlangsung personel banyak yang tidak berada di tempat,menyebar tidak jelas jadi massa yang sebenarnya tertarik malah tidak diajak dan cenderung mencari massa di parkiran tidak di sekitar tempat acara
·         Lagu yang diputar atau dinyayikan tidak sesuai genre atau tema keselamatan jalan malah memutar lagu dangdut
·         Terlihat sekali kurangnya kesiapan pelaksanaan acara karena acara terkesan semrawut
·         Tidak ada yang menjaga stand di foto corner untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan foto corner padahal banyak yang melirik namun takut-takut
b.      Kelebihan
·         Mampu menjelaskan game secara gamblang dan jelas
·         Kreativitas saat gerakan flash moop keselamatan jalan
·         Jadwal acara sudah tersusun rapi namun ketiadaan massa mengakibatkan jadwal tidak berjalan dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar