1.
Evaluasi Kampanye
Evaluasi
mengukur perkembangan yang dicapai dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan
dalam kampanye dan/atau sasaran untuk program yang lebih besar. Konvensi
Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau Organisasi Kesehatan Dunia menyoroti
evaluasi sebagai proses yang sangat penting dalam pengendalian tembakau secara
efektif dan menyeluruh.
Ingatlah, untuk
memiliki ukuran dampak kampanye, Anda memerlukan pra-ukuran atau tolok ukur
sebagai pembanding bagi pasca-pengukuran. Karena itu, penting halnya bahwa
evaluasi menjadi salah satu hal pertama yang direncanakan.
Evaluasi yang
dilakukan secara cermat akan memberikan banyak informasi berkenaan dengan
kelebihan dan kekurangan pelaksanaan kampanye yang pada gilirannya dapat
digunakan sebagai rekomendasi bagi penyelenggaraan kampanye berikutnya.
2. Mengapa Melakukan Evaluasi kampanye
Gregory (2000) pakar kampanye Inggris
mengemukakan lima alasan penting mengapa evaluasi perlu dilaksanakan.
1.
Evaluasi dapat memfokuskan usaha yang
dilakukan. Jika tahu bahwa Anda akan dinilai berdasarkan kriteria
tertentu, maka akan lebih memfokuskan usaha pada hal-hal yang menjadi
prioritas pencapaian tujuan.
2.
Evaluasi menunjukkan keefektifan
pelaksanaan kampanye dalam merancang dan mengimplementasikan programnya.
Bila dalam suatu program kampanye Anda berhasil menunjukkan keefektifan kerja,
maka itu akan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pelaksana kampanye.
3.
Memastikan efisiensi biaya.
Kampanye selalu melibatkan biaya besar, dan penyelenggara kampanye tidak ingin
dana dan berbagai sumber daya lain terbuang sia-sia. Mereka selalu menghendaki
adanya pencapaian tujuan yang berarti sebagai ganti biaya yang dikeluarkan.
Jadi setiap rupiah yang dikeluarkan sudah jelas peruntukkannya.
4.
Evaluasi membantu pelaksana untuk
menetapkan tujuan secara realistis, jelas dan terarah. Di sini berbagai relevan
akan dengan cepat diidentifikasi dan langsung disingkirkan.
5.
Evaluasi membantu akuntabilitas
(pertanggungjawaban) pelaksana kampanye. Dalam hal ini pelaksana kampanye dapat
mempertanggungjawabkan segala kebijakan, tindakan bahkan rancangan kampanye
yang telah dibuat sebelumnya.
3.
Evaluasi Kampanye Keselamatan Jalan di Rita Park
a.
Kekurangan
·
Kurangnya
koordinasi saat acara jadi ketika acara berlangsung personel banyak yang tidak
berada di tempat,menyebar tidak jelas jadi massa yang sebenarnya tertarik malah
tidak diajak dan cenderung mencari massa di parkiran tidak di sekitar tempat
acara
·
Lagu yang
diputar atau dinyayikan tidak sesuai genre atau tema keselamatan jalan malah
memutar lagu dangdut
·
Terlihat sekali
kurangnya kesiapan pelaksanaan acara karena acara terkesan semrawut
·
Tidak ada yang
menjaga stand di foto corner untuk
mengarahkan pengunjung untuk melakukan foto corner
padahal banyak yang melirik namun takut-takut
b.
Kelebihan
·
Mampu
menjelaskan game secara gamblang dan jelas
·
Kreativitas saat
gerakan flash moop keselamatan jalan
·
Jadwal acara
sudah tersusun rapi namun ketiadaan massa mengakibatkan jadwal tidak berjalan
dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar